Lestari, Della
(2019)
Identifikasi Miskonsep Peserta Didik Kelas VIII SMPN 21 Padang pada Materi Sistem Gerak Makhluk Hidup Menggunakan Teknik Certainty of Response Index.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Miskonsepsi yang terjadi pada pembelajaran IPA khususnya Biologi akan
memberikan dampak yang buruk terhadap peserta didik, baik untuk hasil belajar
ataupun ketidakcocokan dalam proses penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi konsep-konsep dan
mengetahui persentase peserta didik kelas VIII SMPN 21 Padang tahun ajaran
2018/2019 yang mengalami miskonsepsi pada materi sistem gerak makhluk
hidup.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SMPN 21
Padang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik tahun masuk 2018/2019 yang
berjumlah 243 orang. Sampel penelitian diambil dari 20% dari keseluruhan
populasi yaitu sebanyak 48 orang. Teknik pengampilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang
diperoleh melalui tes multiple choice disertai Certainty of Response Index (CRI)
dan dianalisis kuantitatif melalui persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh konsep-konsep peserta didik yang
mengalami miskonsepsi paling tinggi adalah konsep struktur dan fungsi otot dan
yang paling rendah adalah pada konsep gerak hewan. Persentase miskonsepsi
yang dialami peserta didik tentang submateri konsep struktur dan fungsi otot
23,96%, konsep gerak tumbuhan 22,91%, konsep struktur dan fungsi sendi
20,83%, struktur dan fungsi rangka adalah 19,44%, gangguan dan kelainan
sistem gerak 18,75%, konsep gerak hewan 15,62%.
Actions (login required)
|
View Item |