Putri, Belia
(2019)
Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir
Tingkat Tinggi pada Materi Animalia untuk Peserta Didik
SMA/MA Kelas X.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penilaian dalam kurikulum 3013 lebih ditekankan pada penilaian autentik
yaitu mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Kemampuan kognitif peserta
didik bisa diukur dengan menggunakan instrumen penilaian yang menunjang
peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi, tidak hanya mengingat tetapi mampu
menganalisis informasi yang diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik tergolong rendah. Hal ini
disebabkan karena instrumen penilaian yang digunakan belum mencapai kategori
berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen
penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi Animalia untuk peserta
didik SMA/MA Kelas X yang valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya
pembeda dan distraktor yang baik.
Penelitian ini menggunakan 3 tahapan 4-D models yang terdiri dari tahap
define, design, dan develop. Subjek penelitian terdiri dari 32 orang peserta didik
kelas X SMAN 8 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari
data validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif.
Berdasarkan analisis data didapatkan nilai validitas logis sebesar 83,47%
dengan kategori valid. Berdasarkan praktikalitas yang dinilai oleh guru, diperoleh
nilai sebesar 93,05% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan
Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan instrumen penilaian kemampuan
berpikir tingkat tinggi pada materi Animalia untuk peserta didik SMA/MA Kelas
X yang valid secara logis dan empiris, reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran
sedang, daya pembeda dan distraktor yang baik.
Actions (login required)
|
View Item |