Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Animalia untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X

Putri, Belia (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Animalia untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_BELIA_PUTRI_15031097_3036_2019.pdf

Download (899kB) | Preview

Abstract

Penilaian dalam kurikulum 3013 lebih ditekankan pada penilaian autentik yaitu mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Kemampuan kognitif peserta didik bisa diukur dengan menggunakan instrumen penilaian yang menunjang peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi, tidak hanya mengingat tetapi mampu menganalisis informasi yang diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena instrumen penilaian yang digunakan belum mencapai kategori berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi Animalia untuk peserta didik SMA/MA Kelas X yang valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan distraktor yang baik. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian terdiri dari 32 orang peserta didik kelas X SMAN 8 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari data validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data didapatkan nilai validitas logis sebesar 83,47% dengan kategori valid. Berdasarkan praktikalitas yang dinilai oleh guru, diperoleh nilai sebesar 93,05% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi Animalia untuk peserta didik SMA/MA Kelas X yang valid secara logis dan empiris, reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan distraktor yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorHartanto, IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:46
Last Modified: 06 Sep 2024 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53845

Actions (login required)

View Item View Item