Pengelolaan Media Pembelajaran di SMKN 1 Sutera

Arista, Nadia Pransiski (2024) Pengelolaan Media Pembelajaran di SMKN 1 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NADIA PRANSISKI ARISTA_18002015_3920_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu unsur yang sangat penting. Media pembelajaran dianggap sebagai alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini ditulis atas dasar penelitian. Penelitian dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sutera yang mengarah pada cara pengelolaan media pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Metode analisis keabsahan data menggunakan teknik triangulas sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis data menunjukan: 1) analisis cara pengelolaan media pembelajaran, yaitu dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap media pembelajaran agar berjalan sebagaimana mestinya, 2) analisis faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan media pembelajaran yakni, Faktor penghambat secara internal meliputi; kurangnya kesadaran dan motivasi guru, waktu pembelajaran terbatas. Sedangkan faktor penghambat secara eksternal meliputi; keterbatsan akses internet, sarana dan prasarana terbatas. 3) analisis faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan media pembelajaran yakni, secara internal dan eksternal. Sedangkan faktor pendukung secara internal meliputi; motivasi dan minat siswa, kemampuan dan keterampiln guru. Faktor pendukung secara eksternal meliputi; adanya dukungan dari pihak sekolah, ketersediaan bahan ajar yang berkualitas. 4) analisis solusi dari faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan media pembelajaran yakni, solusi dari faktor penghambat secara internal meliputi; mengadakan pelatihaan, merencanakan pembelajaran yang efisien dan tertsruktur. Sedangkan solusi dari faktor penghambat secara eksternal meliputi; memanfaatkan perpustakaan sekolah, Memanfaatkan metode pembelajaran yang tidak bergantung pada teknologi. 5) Analisis hasil dari Pengelolaan media pembelajaran di SMKN1 Sutera yakni, mampu meningkatnya kompetensi siswa, meningkatnya kualitas pembelajaran, siswa terlibat aktif berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran kemudian tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSufyarma, SufyarmaUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorAlkadri, HanifUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:34
Last Modified: 06 Sep 2024 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53824

Actions (login required)

View Item View Item