Ranita, Ranita
(2019)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Memilih Bakar Minyak dengan Menggunakan Analisis Regresi Logistik.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Minyak bumi merupakan sumber energi utama yang digunakan
masyarakat untuk mendukung berbagai aktifitas sehari-hari, terutama dalam
sektor transportasi khususnya kendaraan bermotor roda dua. Pengguna kendaraan
bermotor yang meningkat juga berpengaruh terhadap konsumsi Bahan Bakar
Minyak (BBM). Bahan bakar minyak merupakan bahan bakar yang diolah dari
hasil bumi yang bisa diubah menjadi suatu energi. Bahan bakar minyak yang
sering digunakan untuk kendaraan bermotor roda dua antara lain Premium,
pertamax, dan Pertalite. Pemilihan jenis BBM dipengaruhi oleh beberapa faktor
pada konsumen diantaranya adalah faktor harga, penghasilan, usia kendaraan,
status sosial, jenis kendaraan, dan kapasitas mesin. Oleh karena itu perlu dicari
model regresi logistik yang mampu menggambarkan faktor yang mempengaruhi
konsumen memilih jenis BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)
Tabing, serta menentukan nilai odds ratio-nya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan serta metode yang digunakan
adalah analisis regresi logistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen yang melakukan pengisian BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar
Umum dan sampel berjumlah 97 orang yang diperoleh dengan menggunakan
teknik accidental sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
kuesioner yang terdiri dari 9 item pernyataan untuk variabel terikat dan 6 item
penyataan untuk variabel bebas.
Penelitian ini diperoleh model u
π(x) =
—
—
Berdasarkan model tersebut dapat diketahui bahwa faktor yang
berpengaruh secara signifikan terhadap pemilihan jenis bahan bakar minyak pada
konsumen adalah harga (X
1
) dan kapasitas mesin (X
). Nilai odds ratio pada harga
adalah sebesar -2,327 dan untuk variabel kapasitas mesin adalah sebesar -4,315.
6
Actions (login required)
|
View Item |