Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Hidrokarbon untuk Kelas XI SMA/MA

Ardila, Nadia (2023) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Hidrokarbon untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_NADIA_ARDILA_17035073_687_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi hidrokarbon cukup padat tetapi alokasi waktu belajar di sekolah terbatas sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal. Bahan ajar yang digunakan di MAN 2 Kerinci belum saintifik. Dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu pembelajaran secara saintifik, salah satunya adalah e-modul berbasis guided discovery learning. Perkembangan teknologi memungkinkan bahan ajar dapat dikembangkan dalam format elektronik yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja melalui laptop ataupun handphone. Peserta didik pada umumnya sudah memiliki handphone, tetapi belum banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis guided discovery learning pada materi hidrokarbon untuk kelas XI SMA/MA serta menentukan validitas, tingkat praktikalitas, dan efektivitas dalam small group. Jenis penelitian yang digunakan adalah educational design research dengan model pengembangan plomp. Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia, dan peserta didik di MAN 2 Kerinci. Objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar yaitu berupa e-modul interaktif berbasis guided discovery learning pada materi hidrokarbon untuk kelas XI SMA/MA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi dan praktikalitas serta soal tes evaluasi untuk peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V untuk uji validasi, rumus persentase praktikalitas, dan N-gain untuk uji efektivitas. Berdasarkan data hasil penelitian, uji validasi menunjukkan bahwa e-modul sudah valid (0,83). Uji kepratisan menunjukkan nilai praktikalitas untuk guru dan peserta didik sudah sangat praktis (91% dan 83%). E-modul yang dikembangkan berada dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-gain 0,66.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, GUIDED DISCOVERY LEARNING, HIDROKARBON, MODEL PENGEMBANGAN PLOMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:40
Last Modified: 04 Sep 2024 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53770

Actions (login required)

View Item View Item