Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project terhadap Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Las Busur Manual di SMK Negeri 1 Ranah Batahan Pasaman Barat

Efriwan, Efriwan (2023) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project terhadap Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Las Busur Manual di SMK Negeri 1 Ranah Batahan Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_EFRIWAN_17067039_639_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan, hal yang dapat menyebabkan turunnya hasil belajar siswa adalah kurang seriusnya siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, seperti siswa yang bermalas-malasan atau tidur-tiduran ketika guru sedang mengajar dan tidak mendengarkan apa yang dijelaskan dan diperintahkan oleh guru. salah satu faktor yang menyebabkan siswa berprilaku seperti itu adalah kama sistem pembelajaran yang dipakai adalah masih konvensional yang menyebabkan para siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK N 1 Ranah Batahan pada mata pelajaran las busur manual dengan model pembelajaran non konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) berbasis lesson study. Penelitian model case method dan team based project ini dilakukan dengan berbasis lesson study yang dirancang dengan tiga siklus dengan tahapan sebagai berikut : (1) perencanaan tindakan (Plan), (2) pelaksanaan tindakan dan observasi (Do), dan (3) refleksi (See). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik pengelasan SMK N 1 Ranah Batahan yang berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK N 1 Ranah Batahan pada mata pelajaran las busur manual mengalami peningkatan. Bahwa persentase hasil ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 66,66% berada pada kategori baik dengan rata-rata kelas 75,55, kemudian masuk ke siklus II dan memperoleh ketuntasan klasikal 81,48% berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata kelas 80,37, dan masuk ke siklus yang ke III memperoleh ketuntasan klasikal 92,59% dan berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata kelas 84,81.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorErizon, NelfiUNSPECIFIED
CorrectorSyahri, BudiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:04
Last Modified: 03 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53764

Actions (login required)

View Item View Item