Strategi Pengembangan Fasilitas Objek Wisata Pemandian Alam Rumah Putiah Nagari Kapalo Hilalang Kabupaten Padang Pariaman

Putra, Yoga Zulganda (2024) Strategi Pengembangan Fasilitas Objek Wisata Pemandian Alam Rumah Putiah Nagari Kapalo Hilalang Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_YOGA_ZU_GANDA_PUTRA_18135149_2016_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan terhadap 3 (tiga) indikator fasilitas wisata yaitu fasilitas utama, fasilitas pendukung dan fasilitas penunjang pada Objek Wisata Pemandian Alam Rumah Putiah Nagari Kapalo Hilalang Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pengembangan Fasilitas Objek Wisata Pemandian Alam Rumah Putiah dengan menggunakan analisi SWOT yang ditentukan dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dari para informan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Analisis data dengan merangkum, memilih dan menjurus sesuai poin dan melakukan analisis pada data yang ditemukan. Hasil penelitian ini secara keseluruhan adanya faktor internal yang didapatkan dari kekuatan dan kelemahan pengembangan fasilitas Objek Wisata di Pemandian Alam Rumah Putiah dan faktor eksternal yang didapatkan dari peluang dan ancaman. Jika dilakukan pengembangan terhadap fasilitas objek wisata Pemandian Alam Rumah Putiah, strategi yang dirumuskan yaitu sebagai berikut: 1) Mewujudkan penambahan kolam dengan memanfaatkan lahan kosong yang tersedia di sekitar area objek wisata agar lebih banyak menampung wisatawan yang datang dan pengunjung lebih leluasa berwisata. 2) Mewujudkan pembangunan penginapan atau tempat camping dan café dengan memanfaatkan lahan yang tersedia pada area objek wisata agar menarik minat pengunjung untuk berwisata. 3) Mewujudkan pengembangan fasilitas mushalla, toilet dan tempat parkir yang sudah ada pada objek wisata agar pengunjung lebih merasa puas dan nyaman dengan fasilitas yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManvi, Kurnia IlahiUNSPECIFIED
CorrectorYuliana, YulianaUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, Dwi PratiwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:59
Last Modified: 02 Sep 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53749

Actions (login required)

View Item View Item