Saputra, Panji
(2024)
Pengaruh Online Customer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pemesanan Kamar Melalui Online Travel Agent (Traveloka) di We Hotel Lubuklinggau.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh online customer review dan
harga terhadap keputusan pemesanan kamar melalui online travel agent (Traveloka)
di We Hotel Lubuklinggau, dimana dilatar belakangi oleh penurunan keputusan
pemesanan kamar pada bulan Januari dan November diakibatkan adanya ulasan
kurang memuaskan terhadap kualitas pelayanan dan produk atau jasa yang
diberikan. Serta adanya daya saing harga antara traveloka dan online travel agent
lainnya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 121
responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang disusun
menurut skala likert dan data dikumpulkan dengan menyebarkan angket yang telah
disusun kemudian diberikan kepada responden yang telah diuji terlebih dahulu
validitas dan reliabilitasnya dengan bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and
Service Solution) versi 20.00. Data yang telah terkumpul lalu dianalisis melalui
Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square (SEM-PLS) versi 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan online customer review berada pada kategori
baik yaitu dengan nilai rata-rata 3,78, harga dengan kategori baik dengan nilai rata�rata 3,77 dan variabel keputusan menginap menunjukan kategori baik dengan nilai
rata-rata 3,82. Hasil pengujian hipotesis online customer review (X1) terhadap
keputusan menginap (Y) diperoleh t-statistic 3,754 > 1,96 dan p value 0.000 < 0.05,
Dengan demikian online customer review (X1) berpengaruh signifikan dan positif
terhadap keputusan menginap (Y). Dan hasil pengujian hipotesis harga (X2)
terhadap keputusan menginap (Y) diperoleh t-statistic 3,609 > 1,65 dan p value
0.000 < 0.05, Dengan demikian harga (X2) berpengaruh signifikan dan positif
terhadap keputusan menginap (Y). Selanjutnya nilai R square memperlihatkan
online customer review (X1) dan harga (X2) berpengaruh besar terhadap keputusan
pemesanan (Y) dengan nilai persentase 80,9% sedangkan persentase sisanya 19,1%
dipengaruhi oleh faktor lainnya
Actions (login required)
|
View Item |