Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Dengan Menggunakan Model Card Sort Di Kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam

Weristi, Gelva (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Dengan Menggunakan Model Card Sort Di Kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_GELVA_WERISTI_20129283_3574_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS dengan menggunakan model Card Sort kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian Tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten agam dengan jumlah 14 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) Rata-rata modul ajar siklus I yaitu 80,5% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I yaitu 81% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 96% dengan kualifikasi sanga baik (SB) dan pada aspek peserta didik siklus I yaitu 83,5% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 96% dengan kualifikasi sangat baik (SB). c) Hasil belajar peserta didik siklus I dari penilaian aspek sikap diperoleh peserta didik yang menonjol dengan hasil positif 2 orang dan negative 4 orang, kemudian meningkat pada siklus I pertemuan II dengan jumlah peserta didik positif yaitu 3 orang dan 3 orang negative, kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan peserta didik yang menonjol sebanyak 5 orang positif dan 1 orang negative, kemudian hasil belajar peserta didik siklus I dilihat dari aspek pengetahuan dan keterampilan memperoleh 74,74 dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 88,21 dengan kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS di kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:45
Last Modified: 02 Sep 2024 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53729

Actions (login required)

View Item View Item