Imelya, Dinny Fauzani
(2024)
Studi Deskriptif Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Kemala Bhayangkari 02 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kurikulum pada saat ini menjadi kurikulum merdeka untuk memperkuat karakter profil pelajar Pancasila pada peserta didik di Indonesia. Pada kuikulum merdeka salah satunya terdapat pembelajaran kokurikuler atau pembelajaran projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK Kemala Bhayangkari 02 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber wawancara dalam penelitian ini adalah tiga orang informan yang berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan projek ini, yaitu kepala sekolah dan dua orang guru. Sedangkan subjek observasi pada penelitian ini adalah peserta didik yang terlibat langsung dalam kegiatan projek dan guru. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK Kemala Bhayangkari 02 Padang pada semester dua ini menggunakan tema kita semua bersaudara. Pada tahap pelaksanaan projek diawali dengan tahap permulaan/apersepsi, tahap pengembangan, dan terakhir tahap penyimpulan.
Actions (login required)
|
View Item |