Nirmala, Wita
(2019)
Pengaruh Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Kecerdasan Spiritual dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 16 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut ketercapaian
kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik secara utuh.
Namun kenyataan di lapangan belum sesuai dengan harapan. Solusinya adalah
Penerapan bahan ajar terintegrasi kecerdasan spiritual yang diharapkan dapat
menunjang ketercapaian kompetensi secara utuh. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan pencapaian kompetensi peserta didik, menentukan perbedaan
antara pencapaian kompetensi peserta didik yang diberi perlakuan dengan yang
tidak diberi perlakuan, dan menentukan pengaruh penggunaan bahan ajar
terintegrasi kecerdasan spiritual dalam model pembelajaran berbasis masalah
terhadap pencapaian kompetensi peserta didik kelas X SMAN 16 Padang.
Jenis penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan
Control Group Only Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik
kelas X MIA SMAN 16 Padang. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan
Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 4 (kelas
eksperimen) dan kelas X MIA 5 (kelas kontrol). Data penelitian ini meliputi data
pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Analisis data untuk
kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan dengan statistik
deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi
linier dan uji korelasi. Dari hasil
analisis data dapat dikemukakan bahwa pada kompetensi sikap diperoleh rata-rata
kelas eksperimen sebesar 85,97 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 82,68.
Kompetensi pengetahuan diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,82 lebih
tinggi dibandingkan kelas kontrol 76,45. Kompetensi keterampilan diperoleh
rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,08 dibandingkan dengan kelas kontrol 80,2.
Terdapat perbedaan pencapaian kompetensi peserta didik setelah diberi perlakuan
dibandingkan peserta didik yang tidak diberi perlakuan. Terdapat pengaruh
penggunaan bahan ajar terintegrasi kecerdasan spiritual dalam model
berbasis masalah pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan pada
nyata 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |