Pengaruh Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Kecerdasan Spiritual dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 16 Padang

Nirmala, Wita (2019) Pengaruh Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Kecerdasan Spiritual dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WITA_NIRMALA_15033047_494_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut ketercapaian kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik secara utuh. Namun kenyataan di lapangan belum sesuai dengan harapan. Solusinya adalah Penerapan bahan ajar terintegrasi kecerdasan spiritual yang diharapkan dapat menunjang ketercapaian kompetensi secara utuh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pencapaian kompetensi peserta didik, menentukan perbedaan antara pencapaian kompetensi peserta didik yang diberi perlakuan dengan yang tidak diberi perlakuan, dan menentukan pengaruh penggunaan bahan ajar terintegrasi kecerdasan spiritual dalam model pembelajaran berbasis masalah terhadap pencapaian kompetensi peserta didik kelas X SMAN 16 Padang. Jenis penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan rancangan Control Group Only Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 16 Padang. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 4 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 5 (kelas kontrol). Data penelitian ini meliputi data pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Analisis data untuk kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi linier dan uji korelasi. Dari hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa pada kompetensi sikap diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,97 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 82,68. Kompetensi pengetahuan diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,82 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 76,45. Kompetensi keterampilan diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,08 dibandingkan dengan kelas kontrol 80,2. Terdapat perbedaan pencapaian kompetensi peserta didik setelah diberi perlakuan dibandingkan peserta didik yang tidak diberi perlakuan. Terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar terintegrasi kecerdasan spiritual dalam model berbasis masalah pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan pada nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Gerak Parabola, Gerak Melingkar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:11
Last Modified: 29 Aug 2024 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53685

Actions (login required)

View Item View Item