Apriani, Mu'tia Faizah
(2019)
Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dalam Model Generative Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa pada Materi Kinematika Kelas X SMA Adabiah Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi siswa yang
disebabkan oleh kurang optimalnya pelaksanaan praktikum di sekolah, karena
keterbatasan alat praktikum dan waktu, maka dilakukan praktikum menggunakan
LKS virtual laboratory. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan LKS virtual laboratory dalam model generative learning terhadap
pencapaian kompetensi siswa pada materi kinematika kelas X SMA Adabiah
Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi experiment) dengan
rancangan postest only control group design. Populasi yang digunakan adalah
seluruh peserta didik kelas X tahun ajaran 2018/2019 di SMA Adabiah Padang.
Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel
penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai
kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi data pencapaian kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Data pencapaian kompetensi sikap diperoleh
melalui lembar penilaian observasi, kemudian dideskripsikan dan dianalisis dalam
bentuk grafik, sedangkan pencapaian kompetensi pengetahuan diperoleh melalui
posttest. Data pencapaian kompetensi keterampilan diperoleh melalui lembar
penilaian unjuk kerja. Pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan
dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji korelasi.
Berdasarkan analisis data dalam bentuk grafik diperoleh kompetensi sikap
kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Untuk kompetensi
pengetahuan setelah dilakukan post-test diperoleh rata-rata kelas eksperimen 69,33
dan kelas kontrol 64,48. Pencapaian kompetensi keterampilan kelas eksperimen
sebesar 80,11 dan kelas kontrol 76,07. Hasil analisis korelasi product moment pada
kompetensi pengetahuan dan keterampilan diperoleh 24,7% dan 20,8%. Hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari
penerapan LKS virtual laboratory dalam model generative learning terhadap
pencapaian kompetensi siswa pada materi Kinematika kelas X SMA Adabiah
Padang pada taraf nyata 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |