Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dalam Model Generative Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa pada Materi Kinematika Kelas X SMA Adabiah Padang

Apriani, Mu'tia Faizah (2019) Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dalam Model Generative Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa pada Materi Kinematika Kelas X SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MU'TIA_FAIZAH_APRIANI_15033035_177_2019.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya pelaksanaan praktikum di sekolah, karena keterbatasan alat praktikum dan waktu, maka dilakukan praktikum menggunakan LKS virtual laboratory. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan LKS virtual laboratory dalam model generative learning terhadap pencapaian kompetensi siswa pada materi kinematika kelas X SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi experiment) dengan rancangan postest only control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X tahun ajaran 2018/2019 di SMA Adabiah Padang. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi data pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data pencapaian kompetensi sikap diperoleh melalui lembar penilaian observasi, kemudian dideskripsikan dan dianalisis dalam bentuk grafik, sedangkan pencapaian kompetensi pengetahuan diperoleh melalui posttest. Data pencapaian kompetensi keterampilan diperoleh melalui lembar penilaian unjuk kerja. Pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji korelasi. Berdasarkan analisis data dalam bentuk grafik diperoleh kompetensi sikap kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Untuk kompetensi pengetahuan setelah dilakukan post-test diperoleh rata-rata kelas eksperimen 69,33 dan kelas kontrol 64,48. Pencapaian kompetensi keterampilan kelas eksperimen sebesar 80,11 dan kelas kontrol 76,07. Hasil analisis korelasi product moment pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan diperoleh 24,7% dan 20,8%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan LKS virtual laboratory dalam model generative learning terhadap pencapaian kompetensi siswa pada materi Kinematika kelas X SMA Adabiah Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasril, MasrilUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory, Generative Learning, Kompetensi, Kinematika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53658

Actions (login required)

View Item View Item