Wulandary, Zyiva
(2024)
Pengaruh Permainan Modifikasi Ular Naga Terhadap Kemampuan Sosial di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi permasalahan masih banyak anak yang kemampuan sosialnya belum berkembang secara optimal. Hal tersebut dapat kita lihat ketika anak bermain dengan temannya. Namun anak belum mampu untuk mengembangkan kemampuan sosialnya. Oleh karna itu, permainan modifikasi ular naga digunakan untuk kemampuan sosial pada anak agar anak mampu untuk mengembangkan kemampuan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan mdifikasi ular naga terhadap keampuan sosial di TK Sabbihisma 2 Ulak Karang.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh anak Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang denan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu kelas B1 dan B3 masing-masing berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data berupa berupa tes lisan dan tes perbuatan dan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Kemudian diolah dengan uji perbedaan (t-tes) dengan bantuan komputerisasi SPSS16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan sosial anak dikelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pre-test) sebesar 17,9 dan pada (post-test) setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen itu meningkat 29,2. pada kelas kontol rata-rata pre-test 17,6 dan setelah dilakukan post-test itu sebesar 27,3. dengan nilai sig (2-tailed) 0,037 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan modifikasi ular naga terhadap kemampuan sosial di TK Sabbihisma 2 Ulak karang.
Actions (login required)
|
View Item |