Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi

Amalia, Rizke (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Rizke_Amalia_18129206_729_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan Model Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 24 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,5 (B) dan siklus II menjadi 94 (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82,25 (B) dan siklus II 96 (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82,25 (B), dan siklus II menjadi 93 (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77,5 (C) dan siklus II rata-rata 92 (A) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AryUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:03
Last Modified: 28 Aug 2024 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53604

Actions (login required)

View Item View Item