Sakinah, Nadhiatul
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran
Tematik Terpadu Tema 8 Kelas V SDN 16 Pandai Sikek.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pembelajaran tematik terpadu di
sekolah dasar yang belum maksimal dan terlaksana dengan baik sesuai dengan
pelaksanaan Kurikulum 2013. Hal itu disebab oleh guru yang belum mengaitkan
pembelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik, sehingga peserta didik
mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah nyata yang ada disekitarnya,
hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak menarik
dan membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi
pembelajaran serta guru kurang menggunakan pendekatan yang sesuai dengan
karakteristik anak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan
Hasil Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Kelas V SDN 16
Pandai Sikek
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 16 Pandai Sikek, Tanah Datar yang
terdiri dari 19 orang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan non
tes.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar tematik
terpadu. Hal ini dapat dilihat dari rata rata pengamatan RPP siklus I rata – rata
hasilnya 79,16% (C), siklus II 94,44% (SB). Peningkatan ini juga terlihat pada
rata rata pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru siklus I adalah 81,94% (B),
siklus II 91,66% (SB). Pada pelaksanaan aktifitas peserta didik didapat rata-rata
siklus I 79,16% (C) meningkat pada siklus II 91,66% (SB). Pada hasil belajar
peserta didik siklus I 76 (C) dan meningkat pada siklus II adalah 90 (A).
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik pada pembelajara tematik terpadu kelas V
Actions (login required)
|
View Item |