Pengembangan Media Pembelajaran Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Berbasis Macromedia Flash 8 di Kelas V SDN 16 Ulakan Tapakis

Hilman, Akri Yanti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Volume Bangun Ruang dan Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Berbasis Macromedia Flash 8 di Kelas V SDN 16 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Akri_Yanti_Hilman_17129118_175_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang penting digunakan dalam proses pembelajaran, karena penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menyampaikan pesan dari isi materi ajar dan mendorong minat belajar peserta didik terutama pada pembelajaran matematika. Kecanggihan teknologi dengan berbagai software saat ini, diantaranya pada software Macromedia Flash 8 dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dari sekolah dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Macromedia Flash 8 pada pembelajaran volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Dengan tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Pengambilan Data didapatkan menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli materi dan lembar ahli media. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu 24 peserta didik yang terdiri dari 7 laki-laki dan 17 perempuan di kelas V SDN 16 Ulakan Tapakis. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 memperoleh hasil uji validitas materi mendapatkan persentase sebesar 80%, hasil uji validitas bahasa mendapatkan persentase sebesar 80%, dan hasil uji validitas media mendapatkan persentase sebesar 85%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 90% dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 85,41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada materi volume bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar telah valid dan praktis digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YasridaUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:16
Last Modified: 27 Aug 2024 06:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53576

Actions (login required)

View Item View Item