Perbedaan Interaksi Belajar Peserta Didik Ditinjau dari Jenis Kelamin

Rahmah, Suci (2023) Perbedaan Interaksi Belajar Peserta Didik Ditinjau dari Jenis Kelamin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Suci_Rahmah_18006331_367_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa masih ada peserta didik yang kemampuan interaksi dalam belajarnya kurang, padahal interaksi sangat penting dalam proses belajar. Permasalahan itu perlu ditanggulangi, dan untuk menanggulanginya dapat diberikan layanan bimbingan dan konseling (BK). Agar pelayanan BK tepat sasaran maka perlu dideskripsikan kondisi peserta didik di sekolah, baik laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi peserta didik dalam belajar dengan beberapa aspek: (1) komunikasi dalam belajar, (2) sikap dalam belajar, (3) tingkah laku kelompok dalam belajar, (4) kepatuhan terhadap norma-norma sosial dalam berinteraksi dan, (5) perbedaan interaksi peserta didik dalam belajar ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 983 orang peserta didik SMAN 4 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun 2022/2023 dengan sampel penelitian 349 orang peserta didik yang dipilih menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket interaksi peserta didik dalam belajar. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji t (t-test) dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan interaksi peserta didik laki-laki dalam belajar berada pada kategori cukup baik, peserta didik perempuan pada kategoribaik. Hasil interaksi peserta didik dalam belajar secara khusus:(1) Interaksi peserta didik laki-laki dalam belajar berdasarkan aspek komunikasi dalam belajar berada pada kategori baik, dan perempuan berada pada kategori baik. (2) Interaksi peserta didik laki-laki dalam belajar berdasarkan aspek sikap dalam belajar berada pada kategori cukup baik, dan perempuan berada pada kategori baik. (3) Interaksi peserta didik laki-laki dalam belajar berdasarkan aspek tingkah laku kelompok dalam belajar berada pada kategori cukup baik, dan perempuan berada pada kategori cukup baik. (4) Interaksi peserta didik laki-laki dalam belajar berdasarkan aspek kepatuhan terhadap norma-norma sosial dalam berinteraksi berada pada kategori cukup baik, dan perempuan berada pada kategori cukup baik.(5)Terdapat perbedaan yang signifikan antara interaksi peserta didik ditinjau dari jenis kelamin. Implikasi dari hasil penelitian ini kiranya dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru BK dalam meningkatkan interaksi peserta didik dalam belajar khususnya peserta didik laki-laki sehingga dapat memberikan pelayanan yang tepat untuk diberikan kepada peserta didik di sekolah dan mendapatkan hasil maksimal dengan pelayanan bimbingan dan konseling yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharmis, DaharmisUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:15
Last Modified: 27 Aug 2024 06:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53570

Actions (login required)

View Item View Item