Sukma, Delvia Aulia
(2019)
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan penalaran dan keterlibatan peserta didik adalah dua hal yang
sangat penting. Tetapi pada kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung, dua hal ini
masih rendah. Proses pembelajaran belum optimal untuk meningkatkan
kemampuan penalaran dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran
matematika. Peserta didik sering mendengarkan dan menerima saja, sehingga
komunikasi yang terjadi hanya satu arah. Tujuan penelitian mendeskripsikan
apakah kemampuan penalaran matematis dan keterlibatan peserta didik yang
belajar dengan model PBL lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis
dan keterlibatan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas
VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung.
Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan
penelitian static group design. Populasinya kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam
Lingkung tahun pelajaran 2018/2019 dengan kelas VIII C sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa
tes kemampuan penalaran matematis dan angket keterlibatan peserta didik.
Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak.
Dari analisis data disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis
peserta didik yang belajar dengan model PBL lebih baik daripada kemampuan
penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung,
serta keterlibatan peserta didik yang belajar dengan model PBL tidak lebih baik
daripada keterlibatan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung.
Actions (login required)
|
View Item |