Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung

Sukma, Delvia Aulia (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DELVIA_AULIA_SUKMA_15029053_737_2019.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran dan keterlibatan peserta didik adalah dua hal yang sangat penting. Tetapi pada kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung, dua hal ini masih rendah. Proses pembelajaran belum optimal untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Peserta didik sering mendengarkan dan menerima saja, sehingga komunikasi yang terjadi hanya satu arah. Tujuan penelitian mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis dan keterlibatan peserta didik yang belajar dengan model PBL lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis dan keterlibatan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian static group design. Populasinya kelas VIII SMPN 1 2x11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2018/2019 dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket keterlibatan peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak. Dari analisis data disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model PBL lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung, serta keterlibatan peserta didik yang belajar dengan model PBL tidak lebih baik daripada keterlibatan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:29
Last Modified: 27 Aug 2024 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53566

Actions (login required)

View Item View Item