Indah, Anggun Dwisa
(2019)
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh Menggunakan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam pembelajaran
matematika adalah kemampuan berpikir kritis. Namun, kemampuan berpikir kritis
kurang menjadi perhatian. Perlu diadakan suatu penelitian untuk mengungkap profil
kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh
menggunakan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-1. Instrumen penelitian berupa tes
berpikir kritis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan
data yang digunakan adalah triangulasi teknik.
Pada penelitian ini diperoleh 4 penglompokan siswa berdasarkan kemampuan
berpikir kritis matematis yaitu 3 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, 18
siswa memiliki kemampuan berpikir kritis rata-rata, 6 siswa memiliki kemampuan
berpikir kritis rendah dan 4 siswa memiliki kemampuan berpikir kritis sangat rendah.
(1) siswa pada kelompok tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis cenderung sedang
sampai tinggi; (2) siswa kelompok rata-rata memiliki kemampuan berpikir kritis
cenderung sedang; (3) siswa pada kelompok rendah memiliki kemampuan berpikir
kritis cenderung sedang; (4) siswa kelompok sangat rendah memiliki kemampuan
berpikir kritis cenderung rendah. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan
berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri Payakumbuh berada pada
tingkat sedang.
Actions (login required)
|
View Item |