Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso

Amazane, Zizi (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ ZIZI_AMAZANE_14029112_778_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasi oleh peserta didik dalam pembelajaran. Kenyataannya, komunikasi matematis peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Baso masih rendah. Hal ini terlihat pada saat observasi dan rendahnya nilai tes yang diberikan kepada peserta didik yang memuat indikator kemampuan komunikasi matematis. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. Pemlilihan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Uji yang digunakan dalam menganalisis kemampuan komunikasi matematis ini yaitu uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik, rata-rata skor yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 16,13 dan rata-rata skor yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol yaitu 14,07. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata valueP  sebesar 0,009 atau tolak H . Dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran 0 05,0 diperoleh kooperatif tipe TPS lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Share, Komunikasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:57
Last Modified: 27 Aug 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53557

Actions (login required)

View Item View Item