Thofa, Agus Mus
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Problem Based Learning untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas V SLBN Bungo Jambi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara dengan guru
kelas V SLBN Bungo Jambi, terdapat permasalahan kemampuan membaca siswa
belum terkonsep secara baik secara pemahaman. Guru mengalami kesulitan dalam
melaksanakan KBM pada topik membaca pemahaman. Guru melaksanakan
pembelajaran hanya berfokus pada satu buku sumber yaitu Buku Pegangan Guru
dan sangat jarang sekali menerapkan model-model pembelajaran karena menurut
beliau metode ceramahlah yang lebih praktis dan efisien untuk diterapkan. Dari
hasil interview ternyata beliau juga memang jarang memvariasikan pembelajaran,
kartu bergambar dan tutor sebaya yang pernah beliau terapkan di kelas. Dalam
upaya mengatasi permasalahan tersebut, peneliti dan guru kelas berkolaborasi
untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan
untuk menggambarkan bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa
tunagrahita ringan di kelas V SLBN Bungo Jambi dapat meningkat dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan
kelas dilakukan pada anak tunagrahita sedang di kelas V SLBN Bungo Jambi,
dengan jumlah siswa dua orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan
dokumentasi. Pendekatan analisis data penelitian ini adalah statistik deskriptif yang
didasarkan pada analisis refleksi pada siklus.
Hasil penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan 79% kemudian
pada siklus II meningkat menjadi 96%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 83%
dan meningkat menjadi 98%. Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman
pada siklus I 47,5% meningkat menjadi 79% pada siklus II. Berdasarkan uraian
yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman
mengalami peningkatan pada siswa tunagrahita ringan kelas V SLBN Bungo
Jambi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam
pembelajaran membaca materi teks narasi sederhana
Actions (login required)
|
View Item |