Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Problem Based Learning untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas V SLBN Bungo Jambi

Thofa, Agus Mus (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Problem Based Learning untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas V SLBN Bungo Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Agus_Mus_Thofa_21003256_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SLBN Bungo Jambi, terdapat permasalahan kemampuan membaca siswa belum terkonsep secara baik secara pemahaman. Guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan KBM pada topik membaca pemahaman. Guru melaksanakan pembelajaran hanya berfokus pada satu buku sumber yaitu Buku Pegangan Guru dan sangat jarang sekali menerapkan model-model pembelajaran karena menurut beliau metode ceramahlah yang lebih praktis dan efisien untuk diterapkan. Dari hasil interview ternyata beliau juga memang jarang memvariasikan pembelajaran, kartu bergambar dan tutor sebaya yang pernah beliau terapkan di kelas. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, peneliti dan guru kelas berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita ringan di kelas V SLBN Bungo Jambi dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada anak tunagrahita sedang di kelas V SLBN Bungo Jambi, dengan jumlah siswa dua orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Pendekatan analisis data penelitian ini adalah statistik deskriptif yang didasarkan pada analisis refleksi pada siklus. Hasil penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan 79% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 96%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 83% dan meningkat menjadi 98%. Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman pada siklus I 47,5% meningkat menjadi 79% pada siklus II. Berdasarkan uraian yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman mengalami peningkatan pada siswa tunagrahita ringan kelas V SLBN Bungo Jambi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran membaca materi teks narasi sederhana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:40
Last Modified: 27 Aug 2024 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53549

Actions (login required)

View Item View Item