Pengaruh Video Pembelajaran CapCut Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak ABA NUSTIM Ujung Gading

Hanifah, Ummi (2024) Pengaruh Video Pembelajaran CapCut Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak ABA NUSTIM Ujung Gading. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_UMMI_HANIFAH_19022045_2809_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang kemampuan matematika pada anak usia dini dan kurangnya media pendukung dalam mengenalkan kemampuan matematika seperti mengelompokkan (klasifikasi), mengrutkan dan membandingkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak ABA NUSTIM Ujung Gading. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbrntuk Quasi Experiment. Populasi adalah seluruh murid Taman Kanak-Kanak ABA NUSTIM Ujung Gading, dengan sampelnya yaitu kelas A2 (Kontrol) dan kelas A1 (Eksperimen) yang masing-masing berjumlah kelas kontrol 11 orang anak dan kelas eksperimen 13 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan 7 butir item instrumen pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi software IBM Statistics SPSS 25. Berdasarkan analisis data, pada kelompok eksperimen hasil rata-rata pre-test 15,08 dan post test 25,38. Sementara pada kelas kontrol hasil pre-test 14,18 dan post-test 19,64. Hasil penelitian menujukkan bahwa data untuk kelas eksperimen dengan video pembelajaran CapCut dan kelas kontrol video visual berdistribusi normal dan homogeny. Dengan hasil kemampuan matematika anak pada kelas kontrol dan eksperimen pada tahap post-test diperoleh rata-rata kelas ekperimen 25,38 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata post- test 19,64. kemudian nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat dsimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan video pembelajaran CapCut terhadap kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak ABA NUSTIM Ujung Gading.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
CorrectorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
CorrectorHazizah, NurUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:10
Last Modified: 26 Aug 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53537

Actions (login required)

View Item View Item