Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA

Rafis, Fauzan Fendra (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sel Volta Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Fauzan_Fendra_Rafis_19035017_4936_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Siswa masih merasa sulit dan kurang tertarik untuk memahami materi sel volta yang bersifat abstrak. Permasalahan ini disebabkan belum adanya media belajar berbasis teknologi dengan menampilkan tiga level representasi kimia yang dapat menarik minat belajar siswa dan meningingkatkan pemahaman siswa terhadap materi sel volta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sel volta di tingkat kelas XII SMA/MA serta menganalisis nilai dari validitas dan praktikalitasnya. Penelitian ini masuk kategori Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D menggunakan model pengembangan 4-D (four d model) 4-D. Instrumen yang diterapkan untuk menguji validitas dan praktikalitas berbentuk angket. Teknik analisis data pengujian validitas menerapkan rumus Aiken's V dan nilai persentase capaian digunakan untuk menguji praktikalitas. Setelah dilakukan analisis validitas konten serta validitas konstruk Powerpoint interaktif diperoleh nilai rata-rata sebanyak 0,85 dan 0,89 yang berkriteria valid. Hasil analisis pengujian praktikalitas pada guru diperoleh nilai persentase sebesar 92% dan nilai persentase praktikalitas siswa sebesar 91%, dengan kriteria sangat praktis. Hasil analisis data yang diperoleh menyatakan media pembelajaran Powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sel volta kelas XII SMA/MA telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:04
Last Modified: 26 Aug 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53520

Actions (login required)

View Item View Item