Hubungan Self Awareness dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara di Universitas Negeri Padang

Ramadhani, Khofifah (2024) Hubungan Self Awareness dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara di Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_KHOFIFAH_RAMADHANI_20006021_2901_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mahasiswa yang seringkali menunda-nunda dalam memulai dan mengerjakan suatu tugas atau dalam kata lain disebut dengan prokrastinasi. Hal tersebut terjadi karena self awareness pada mahasiswa yang masih rendah, salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik yaitu self awareness yang artinya rendahnya kesadaran seseorang terhadap pemahaman mengenai dirinya sendiri. Penelitiana ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi kesadaran diri (self awareness) dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Ilmu Administrasi Negara di Universitas Negeri Padang, dan untuk mengetahui hubungan antara Self awareness dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan korelasional. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 244 mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara di UNP yang dipilih dengan menggunakan teknik Startified Proportional Random Sampling. Data diperoleh dengan memberikan instrumen penelitian berupa instrumen Self awareness dan angket Prokrastinasi akademik dalam skala likert yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Data penelitian diolah dengan menggunakan metode statistik deskriptif untuk melihat gambaran bagaimana kondisi self awareness dan prokrastinasi akademik dan statistik inferensial untuk mencari hubungan antara kedua variabel menggunakan analisis teknik pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Self-Awareness berada pada kategori rendah dengan persentase 44%%, (2) Prokrastinasi akdemik berada pada kategori tinggi dengan persentase 41%, (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self awareness dengan Prokrastinasi akademik dengan rxy=-0,557 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat self awareness pada seseorang maka semakin rendah tingkat prokrastinasinya, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
CorrectorYendi, Fricha MeivilonaUNSPECIFIED
CorrectorFadli, Rima PratiwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:20
Last Modified: 22 Aug 2024 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53489

Actions (login required)

View Item View Item