Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu Kabupaten Agam

Indriani, Rifa (2024) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RIFA_INDRIANI_20016104_4502_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks prosedur. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menuliskan teks prosedur. Ketiga, menjelaskan korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks prosedur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu Kabupaten Agam yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024, yaitu sebanyak 279 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan simple random sampling, yaitu 75 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan membaca pemahaman teks prosedur sebagai variabel bebas dan keterampilan menuliskan teks prosedur sebagai variabel terikat. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks prosedur. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks prosedur dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks prosedur. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 53,09. Kedua, keterampilan menuli teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 67,63. Ketiga, hasil pengujian korelasi menunjukkan (r h = 0,251) > (rt=0,227). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banuhampu Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafrison, MohamadUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:59
Last Modified: 22 Aug 2024 05:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53482

Actions (login required)

View Item View Item