Kontribusi Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV di SMKN 1 Linggo Sari Baganti

Syaputra, Ravi (2024) Kontribusi Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV di SMKN 1 Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Ravi_Syaputra_19065016_3347_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Siswa Kelas X TAV di SMKN 1 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 orang siswa dan sampel 33 orang Siswa Kelas X TAV di SMKN 1 Linggo Sari Baganti. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data hasil belajar siswa Kelas X TAV diperoleh dari Guru Mata pelajaran Dasar-dasar Elektronika SMKN 1 Linggo Sari Baganti. Sedangkan data penelitian disiplin belajar dan lingkungan belajar dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa Kelas X TAV di SMKN 1 Linggo Sari Baganti. Angket penelitian dibuat menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistik Product and Service Solusion). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa disiplin belajar (X1) memberikan kontribusi sebesar 15,9% terhadap hasil belajar. Lingkungan belajar (X2) memberikan kontribusi sebesar 15,3% terhadap hasil belajar. Disiplin belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 21,3% terhadap hasil belajar siswa (Y). Semakin tinggi disiplin belajar siswa serta lingkungan yang baik maka akan diperoleh hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
CorrectorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorFaiza, DelsinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:15
Last Modified: 22 Aug 2024 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53469

Actions (login required)

View Item View Item