Pengaruh Permainan Memancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Abjad Pada Anak di Taman Kanak Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang

Tania, Afni (2024) Pengaruh Permainan Memancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Abjad Pada Anak di Taman Kanak Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_07_AFNI_TANIA_20022046_3797_2024.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rendahnya kemampuan anak dalam mengenal abjad dan kurangnya media pembelajaran disekolah. Sehingga anak mudah bosan dalam belajar mengenal abjad. Oleh karena itu, permainan memancing huruf di gunakan untuk mengenalkan abjad pada anak agar anak dapat belajar mengenal abjad dengan kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal abjad Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh anak Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 ulak karang dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling, yaitu kelas B3 dan B5 masing-masing berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data berupa tes lisan dan tes perbuatan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian diolah dengan uji perbedaan (t-tes) dengan bantuan komputerisasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan mengenal abjad pada anak di kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 11,6 dan pada (posttest) setelah di beri perlakuan pada kelas eksperimen itu meningkat 17,6. Pada kelas kontrol rata-rata pre test 11 dan setelah di lakukan post test itu sebesar 15,3. Dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.014 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenalkan abjad pada anak di taman kanak kanak sabbihisma 2 ulak karang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
CorrectorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Permainan Memancing Huruf, Kemampuan Mengenal Abjad, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:17
Last Modified: 21 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53450

Actions (login required)

View Item View Item