Penggunaan Media FlashCard dalam Ekstrakurikuler Seni Tari pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa YPPLB Kota Padang

Sari, Novi Kurnia (2024) Penggunaan Media FlashCard dalam Ekstrakurikuler Seni Tari pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa YPPLB Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Novi_Kurnia_Sari_19332043_4082_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media FlashCard terhadap daya ingat siswa kelas IX smp SLB YPPLB Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel bebas (Independent Variable) dan Variabel Terikat (Dependent Variable). Instrumen penelitian ini menggunakan tes hafalan gerak tari. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah Uji Normalitas, Uji Paired Sample t-Test, Uji Homogenitas dan Uji Independent Sample t-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil dari kegiatan ekstrakurikuler tari siswa antara penggunaan media Berbasis Manusia (Konvensional) dengan media FlashCard. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil kemampuan daya ingat siswa kelas eksperimen yaitu 88,33, sedangkan nilai ratarata hasil kemampuan daya ingat siswa kelas kontrol yaitu 73,33. Kemudian diperkuat lagi dengan hasil pengujian Independent Sample t-Test dimana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara kelompok yang diberikan media FlashCard dengan yang hanya menggunakan media Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:12
Last Modified: 21 Aug 2024 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53435

Actions (login required)

View Item View Item