Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Makrame Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V UPT SDN 16 Supayang

Herini, Mega Silvia (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Makrame Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V UPT SDN 16 Supayang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_MEGA_SILVIA_HERINI_20129162_3915_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa materi makrame. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa materi makrame menggunakan model Project Based Learning (PjBL) di kelas V UPT SDN 16 Supayang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus melalui prosedur penelitian yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didk dengan jumlah 17 orang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran seni rupa materi makrame menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pembelajaran seni rupa materi makrame siklus I ke siklus II, yaitu : (1) Aspek modul ajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 82,9% , siklus II meningkat menjadi 96,4%, (2) Aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 84,65%, siklus II meningkat menjadi 97%, (3) Aspek peserta didik siklus I dengan perolehan rata-rata 84,65%, dan pada siklus II meningkat menjadi 94%, (4) Hasil belajar peserta didik sebagai berikut: a)ranah sikap siklus I pertemuan I terdapat 3 sikap positif 2 sikap negatif, pada siklus I pertemuan II terdapat 3 sikap positif 2 sikap negatif, dan pada siklus II terdapat 4 sikap positif 1 sikap negatif, b) ranah pengetahuan siklus I dengan rata-rata 75,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 90, c)ranah keterampilan siklus I dengan rata-rata 79,2, dan pada siklus II meningkat menjadi 94,8. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa materi makrame di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Seni Rupa, Makrame, Project Based Learning (PjBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:19
Last Modified: 19 Aug 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53407

Actions (login required)

View Item View Item