Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan : Kajian Psikologi Behaviorisme B. F. Skinner

Nugraha, Anggra (2024) Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan : Kajian Psikologi Behaviorisme B. F. Skinner. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Anggra_Nugraha_20017086_4578_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Stimulus yang diterima oleh tokoh utama dalam novel Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas oleh Eka Kurniawan, respons tokoh utama terhadap stimulus tersebut, dan bentuk perubahan perilaku tokoh utama dalam novel Seperti Dendam Rindu harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan. Penelitian ini menggunakan teori psikologi sastra dan merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Novel Eka Kurniawan yang berjudul Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas digunakan sebagai sumber data untuk penelitian ini. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi membaca dan memahami novel Eka Kurniawan, menemukan dan mencatat karakter utama dan tambahan dalam novel tersebut, mengidentifikasi peristiwa yang berkaitan dengan perubahan perilaku tokoh utama, dan mengumpulkan data tentang perubahan perilaku tokoh utama. Teknik pengabsahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan data-data berdasarkan tuturan/tindakan atau pikiran tokoh dan narator yang berhubungan dengan stimulus, respons dan bentuk perubahan perilaku tokoh utama, menganalisis/menginterpretasikan data, merumuskan hasil analisis data, dan menulis hasil penelitian dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian ini adalah; (1) Stimulus yang diperoleh tokoh utama dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu (a) Stimulus tak berkondisi dan (b) Stimulus berkondisi, (2) Respons tokoh utama terhadap stimulus yang diterimanya dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu; (a) Respons Tak Berkondisi dan (b) Respons Berkondisi. Dan (3) bentuk perubahan perilaku tokoh utama. bentuk perubahan perilaku dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu; (a) perubahan alamiah, dan (b) perubahan terencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhil, ZulfadhilUNSPECIFIED
CorrectorAdek, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:13
Last Modified: 16 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53374

Actions (login required)

View Item View Item