Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Ekosistem

Rizal, Resti (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_RESTI_RIZAL_20031029_4004_2024.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi abad ke-21. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik Fase E di SMA Negeri 2 Bayang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru masih belum menerapkan prinsip student center secara optimal karena sulit melakukan variasi model pembelajaran di kelas dan peserta didik juga tidak terbiasa dengan model pembelajaran yang beragam. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Fase E di SMA Negeri 2 Bayang. Sampel penelitian yaitu Fase E.5 sebagai kelas eksperimen dan Fase E.3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal essay sebanyak 6 butir yang telah divalidasi dengan nilai validitas 0,85. Analisis data menggunakan Uji MannWhitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 67,7 dan kelas kontrol 40,2. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAnggriani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Based Learning, Socio Scientific Issues (SSI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:10
Last Modified: 16 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53360

Actions (login required)

View Item View Item