Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang

Dwita, Nadia Fransiska (2024) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NADIA_FRANSISKA_DWITA_20016092_3381_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan berikut. Pertama, menemukan dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang. Kedua, menemukan dan mendeskripsikan bentuk strategi bertutur yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dari penelitian ini adalah berupa kalimat-kalimat bentuk dan strategi tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang dalam proses belajar mengajar. Sumber data penelitian ini adalah seluruh tuturan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang yaitu Ibu Rini Zufriani, S.Pd dan Ibu Chandra Dewita, M.Pd. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik SBLC, rekam, dan catat. Teknik pengabsahan data penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini ada lima tahapan, yaitu transkrip data, identifikasi data, pengelompokkan, analisis data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, didapatkan jumlah tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru sebanyak 302 tuturan dengan rincian tindak tutur direktif menyuruh sebanyak 127 tuturan, tindak tutur direktif memohon 16 tuturan, tindak tutur direktif menuntut 106 tuturan, tindak tutur direktif menyarankan 27 tuturan, dan tindak tutur direktif menantang 26 tuturan. Maka tindak tutur yang paling dominan digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang adalah tindak tutur direktif menyuruh. Kedua, empat strategi bertutur yang ditemukan yaitu strategi bertutur berterus terang tanpa basa-basi (BTTB), strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan positif (BTDKP), strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan negatif (BTDKN), dan strategi bertutur samar-samar (BSS). Strategi bertutur yang paling dominan digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Padang adalah berterus terang tanpa basa-basi (BTTB) dengan jumlah 136 tuturan. Sedangkan strategi bertutur yang sedikit digunakan adalah bertutur secara samar-samar dengan jumlah 10 tuturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:48
Last Modified: 15 Aug 2024 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53336

Actions (login required)

View Item View Item