Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Adabiah Padang

Ramadanis, Resi (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Adabiah Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_RESI_RAMADANIS_22161027_2690_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pembelajaran menggunakan model tutor sebaya efektif meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Adabiah Padang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII di SMP Adabiah Padang dengan jumlah siswa 80 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi langsung, lembar observasi, dan soal tes berupa soal objektif pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari hasil analisis keterampilan berkomunikasi siswa yang telah dilakukan dikelas VIII SMP Adabiah Padang, semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 Pada mata pelajaran IPS tepatnya pada materi Mobilitas sosial. Terdapat bahwa secara keseluruhan dari ketiga aspek indikator yang dinilai dalam keterampilan berkomunikasi yang diukur dan dianalisis dalam penelitian ini tergolong baik dan dapat dikembangkan secara optimal oleh siswa. Dan dari hasil belajar siswa dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa dari ketiga kelas, pertama dilihat dari kelas VIII.1 terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata pretest 73,75 menjadi 82,44 pada hasil tes akhir berupa posttest ketuntasan siswa mencapai 87,5%, kelas VIII.2 mengalami peningkatan pada test awal dengan rata-rata 70,40 menjadi 81,92 pada test akhir dengan ketuntasan siswa 88,00%, dan kelas VIII.3 mengalami peningkatan dari rata-rata test awal 77,57% meningkat pada test akhir 83,83% dengan ketuntasan siswa 91,30%. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran tutor sebaya dalam keterampilan berkomunikasi siswa dan hasil belajar siswa cukup efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMontessori, MariaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawadi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorBudiwirman, BudiwirmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:59
Last Modified: 14 Aug 2024 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53326

Actions (login required)

View Item View Item