Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Sel Elektrokimia SMA kelas XII

Amelia Kontisa, Aldi (2023) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Sel Elektrokimia SMA kelas XII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AMELIA_KONTISA_18035045_731_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kegiatan peserta didik (LKPD) terintegrasi Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics – Porject Based Learning (STEAM-PjBL) pada materi Sel Elektrokimia dan digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian (R & D) dengan 4-D sebagai model pengembangannya. Model 4-D ini terdapat empat tahapan yaitu tahapan define, design, develop dan disseminate. Namun tahapan disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi isi dan konstruk, angket respons guru dan peserta didik. LKPD ini divalidasi oleh lima orang validator diantaranya dosen Kimia FMIPA UNP dan guru Kimia SMAN 6 Padang pada tahun ajaran 2021/2022. Data validasi yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Aiken’s v, sedangkan data praktikalitas dianalisis menggunakan perbandingan nilai peserta didik dengan nilai maksimal peserta didik. Berdasarkan angket validasi yang sudah dianalisis dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai v sebesar 0,915 dengan kategori sangat valid. Sedangkan praktikalitas yang diisikan guru dan peserta didik didapatkan nilai NP berturut-berturut sebesar 95% dan 89% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SEL ELEKTROKIMIA, LKPD, MODEL 4-D, STEAM-PJBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:59
Last Modified: 14 Aug 2024 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53322

Actions (login required)

View Item View Item