Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sel Elektrolisis Kelas XII SMA/MA

Dini, Iid Rahma (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sel Elektrolisis Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_IID_RAHMA_DINI_19035022_2465_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sel elektrolisis adalah materi kimia yang memuat level representasi kimia, sehingga dianggap sulit oleh peserta didik. Oleh sebab itu, dibutuhkan media pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang bisa menampilkan kelengkapan level representasi kimia adalah Powerpoint interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Powerpoint berbasis inkuiri terbimbing pada materi sel elektrolisis kelas XII SMA dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran kimia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (define, desaign, develop and disseminate). Media pembelajaran divalidasi oleh 5 orang validator yaitu 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 3 Sungai Penuh serta dilakukan praktikalitas oleh 2 orang guru kimia dan 24 peserta didik kelas XII SMAN 3 Sungai Penuh. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V didapatkan rata-rata validitas konten sebesar 0,89625 dan validitas konstruk sebesar 0,889583 dengan kategori valid. Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan angket respon guru sebesar 96, 17% dan respon peserta didik sebesar 93,57%. Hasil nilai validitas dan praktikalitas media pembelajaran Powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sel elektrolisis yang dihasilkan berada pada kategori valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:49
Last Modified: 13 Aug 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53292

Actions (login required)

View Item View Item