Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratory berbasis Serious Game pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Caniago, Fadillah Nisa (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratory berbasis Serious Game pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_FADILLAH_NISA_CANIAGO_19035015_2704_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sains khususnya kimia, memegang peran penting dalam membentuk pemahaman konsep dan keterampilan praktis siswa. Menghadapi perkembangan pesat dalam era digital, integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan untuk memastikan kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan zaman. Salah satu inovasi yang menarik perhatian dalam konteks pembelajaran kimia adalah penggunaan teknologi Virtual Laboratory. Teknologi ini memberikan alternatif yang menarik dan efektif dalam menyajikan konsepkonsep kimia tanpa risiko fisik yang mungkin terkait dengan eksperimen di laboratorium konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menentukan validitas, dan menguji kelayakan media pembelajaran berupa Virtual Laboratory berbasis Serious Game dalam menyajikan materi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 5 dosen kimia UNP, 2 guru SMA, dan 79 peserta didik Fase F Tp. 2023/2024 dari dua sekolah berbeda. Instrumen penelitian berupa angket penelitian awal, angket validasi, dan angket uji coba/praktikalitas. Data validasi dan praktikalitas dianalisis menggunakan indeks Aiken. Berdasarkan hasil validasi ahli dengan total 7 ahli, diperoleh data untuk validasi konten, konstruk dan technical quality secara keseluruhan berada pada kategori valid. Data hasil praktikalitas yang dilakukan dengan 13 peserta didik dan 1 guru kimia, menyatakan bahwa media pembelajaran virtual laboratory berbasis serious game memuat instruksi yang jelas, tampilan yang menarik, dan layak digunakan. Jadi, media pembelajaran virtual laboratory berbasis serious game pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi Fase F SMA/MA valid, jelas, menarik, dan layak digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainul, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORY
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:25
Last Modified: 12 Aug 2024 09:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53287

Actions (login required)

View Item View Item