Pengaruh E-modul Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak di Taman Kanak Kanak

Putri, Ayu Dahlia (2023) Pengaruh E-modul Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak di Taman Kanak Kanak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AYU_DAHLIA_PUTRI_22161044_2735_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan komunikasi anak belum berkembang dengan baik terbukti dengan masih kurangnya kosakata yang dimiliki anak. Anak masih belum bisa menggunakan kata yang lebih banyak dan juga anak belum dapat berkomuniaksi dengan lancar bersama eman temannya dan anak belum dapat menyampaikan kata terimakasih, tolong dan maaf. Sehingga orang yang mendengarkan seringkali tidak paham apa yang dimaksud anak tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-modul bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi anak ditaman kanak kanak. penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method menggunakan design explanatory research. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, analisis data kuanitatif menunjukkan bahwa variabel berdistribusi normal, reliabel, serta linear, maka emodul bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi sebanyak 10,2% analisis kualiatif menunjukkan bahwa e-modul bermain peran dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak. Berdasarkan analisis hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat diambil kesimpulan bahwa e-modul bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi anak usia dini di taman kanak kanak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:25
Last Modified: 12 Aug 2024 09:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53284

Actions (login required)

View Item View Item