Pengaruh Komitmen Kerja dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto

Dahliawati, Dahliawati (2024) Pengaruh Komitmen Kerja dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DAHLIAWATI_22147001_2135_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang (1) Pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, (2) Pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, dan (3) Pengaruh komitmen kerja dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis asosiatif. Populasi merupakan guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) SD Negeri di Kecamatan Barangin yang berjumlah 115 orang guru dan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Cohran dengan teknik Propotional Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Sebelum angket tersebut digunakan sudah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis data penelitian memperlihatkan bahwa: 1) komitmen kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 37,4%, 2) iklim sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 78,9%, 3) komitmen kerja dan iklim sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 79,3%. Skor tingkat capaian kinerja guru sebesar 86,85 % pada kategori tinggi, untuk komitmen kerja berada pada kategori sangat tinggi dengan skor 90,43 % sedangkan untuk iklim sekolah berada pada ketegori cukup kondusif dengan skor 76,02 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S2
Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:24
Last Modified: 12 Aug 2024 09:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53280

Actions (login required)

View Item View Item