Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Energi Terbarukan

Amelia, Ocha (2023) Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Energi Terbarukan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_OCHA_AMELIA_19033123_2406_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan abad 21 menjadikan kemajuan teknologi telah memasuki bidang pendidikan, salah satunya pada pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika seharusnya dilengkapi dengan bahan ajar yang dapat mengaitkan pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa agar menjadi pembelajaran yang bermakna. Namun, berdasarkan hasil observasi di lapangan, bahan ajar yang digunakan di sekolah belum sepenuhnya mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Salah satu solusi yang dapat dilaksanakan adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang memanfaatkan teknologi adalah e-modul dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul dengan pendekatan CTL yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model 4D yang dibatasi pada tahap Develop saja. Sumber data hasil validasi diperoleh dari tenaga ahli dan data hasil praktikalitas dari 2 orang guru dan 31 orang siswa MAN 1 Kota Bukittinggi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket analisis kebutuhan, lembar wawancara guru, lembar uji validitas produk, dan lembar uji kepraktisan. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Nilai validitas produk e-modul dengan pendekatan CTL diperoleh nilai indeks kesepatakan rater (V) sebesar 0,87 dengan kategori valid. Nilai praktikalitas e-modul dengan pendekatan CTL oleh guru rata-rata sebesar 97% termasuk dalam kategori sangat praktis dan nilai praktis oleh siswa diperoleh sebesar 82% dengan kategori praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan pendekatan CTL sudah valid dan praktis sehingga dapat dimanfaatkan dan diuji keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:40
Last Modified: 09 Aug 2024 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53270

Actions (login required)

View Item View Item