Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 43 Padang

Artika, Yuli (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 43 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YULI_ARTIKA_19029058_19029058_2091_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penilaian harian dikelas VII SMP Negeri 43 Padang pada materi aritmatika sosial yang memuat 5 soal essay diperoleh bahwa hasil belajar matemmatika peserta didik masih rendah. Hal ini diakui kebenarannya dari hasil wawancara dengan salah satu guru matematika disekolah tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada kelas VIII SMP Negeri 43 Padang dan mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 43 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 43 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Dari hasil pengundian, terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Berdasarkan analisis data tes akhir menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh P-value = 0,012, artinya P-value < α maka terima �1 . Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 43 Padang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar matematika peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:18
Last Modified: 08 Aug 2024 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53247

Actions (login required)

View Item View Item