Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan

Rangkuti, Muth Mainnah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUTH_MAINNAH_RANGKUTI_20029022_2869_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis pada dasarnya merupakan tujuan utama yang harus dikuasai dalam pembelajaran peserta didik. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih belum optimal dan tergolong rendah. Solusi yang diberikan untuk mengatasinya adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) didukung media pembelajaran Articulate Storyline. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan Articulate Storyline lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2024/2025 dengan kelas VIII-2 dan VIII-10 sebagai kelas sampel. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen belajar menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Media Articulate Storyline sedangkan kelas kontrol belajar menggunkan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan analisis data dan uji kesamaan rata-rata diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Articulate Storyline memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN 1 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:21
Last Modified: 07 Aug 2024 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53237

Actions (login required)

View Item View Item