Pengaruh Pembelajaran Social Interaction Model Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Batang Kapas, Pesisir Selatan

Febri, Nadila Valentina (2022) Pengaruh Pembelajaran Social Interaction Model Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Nadila_Valentina_Febri_18045019_217_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Social interaction model merupakan suatu metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk mengkaji atau menganalisis suatu fenomena yangada di lingkungan sekitar. Model pembelajaran ini berkaitan dengan hubunganantara individu yang satu dengan yang lainnya yang nantinya akan menumbuhkansikap kooperatif siswa, sehingga dalam kerjasama yang terjalin akan tumbuh ide-ide baru ketika proses pembelajaran berlangsung dan permasalahan yang ada akanterpecahkan dan tujuan pembelajaran juga tercapai. Penelitian ini bertujuan untukmelihat pegaruh pembelajaran social interaction model terhadap hasil belajarpeserta didik di SMA Negeri 2 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenispenelitian quasi experimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan padapenelitian adalah total sampling dengan jumlah sampel 62 orang. Analisis datapada penelitian ini menggunakan SPSS 26. Teknik pengambilan data berupawawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar yaitu dengan menggunakan pretesand posttest. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, ujiuji linear dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan Hasil penelitian ini hipotesis yang diterima denganmenggunakan uji T, dimana hasil yang diperoleh dengan sig.(2-tailed) sebesar dengan taraf signifikan 0.005. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkanbahwa terdapat pengaruh yang baik dalam menggunakan SocialInteraction Model dalam pembelajaran. Hasil belajar peserta didik lebih tinggi dengan nilai gain 0,67 yang tergolong cukup efektif dibandingkandengan menggunakan model konvensional dengan nilai gain 0,54 yangtergolong kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorRahmaneli, RahmaneliUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:51
Last Modified: 06 Aug 2024 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53202

Actions (login required)

View Item View Item