Annisa, Dinda
(2022)
Pembuatan Model E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses perancangan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal budaya Minangkabau serta mendeskripsikan pembuatan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal budaya Minangkabau
dengan hasil yang valid (dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegarfikan). Jenis penelitian ini adalah mixed methods atau yang biasa dikenal dengan metode penelitian campuran. Model campuran yang digunakan adalah
model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. Media pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan oleh siswa untuk digunakan secara mandiri dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh
karena itu, penelitian model e-book interaktif dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran dalam keterampilan membaca teks eksposisi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perancangan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca teks eksposisi siswa kelas X tingkat SMA dari hasil analisis kebutuhan guru, analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, dan analisis konsep atau materi. Selanjutnya, penelitian ini mendeskripsikan pembuataan model e-book
interaktif berbasis kearifan lokal keterampilan membaca teks eksposisi dengan nilai validitas sebesar 94,44% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan isi diperoleh nilai validitas sebesar 97,50 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan diperoleh nilai validitas sebesar 95 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek penyajian, diperoleh nilai
validitas sebesar 95 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kegarfikan, diperoleh nilai validitas sebesar 89,28% dengan kategori sangat valid.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif untuk keterampilan membaca teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang sudah valid dan dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |