Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X SMA

Ridho, Datul Arya (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DATUL_ARYA_RIDHO_19004047_1775_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media video pembelajaran dilatar belakangi penggunaan media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) masih sangat minim.Pada saat praktek lapangan guru memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan di sekolah.Meskipun begitu, fasilitas untuk olahraga masih ada yang kurang, seperti lintasan lari, lapangan bola kaki, dan lain sebagainya. Untuk itu, dibutuhkan sebuah media yang dapat membantu siswa dalam pemahaman dalam belajar dengan menampilkan ilustari suatu kegiatan praktek yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas, salah satunya dengan membuat media pembelajaran PJOK yang bisa dilaksanakan di dalam kelas, yang dibuat untuk pembelajaran yang lebih menarik berupa gambar, video, suara, serta animasi. Penelitian pengembangan media video pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang berkualitas yang telah melalui uji kelayakan produk berdasarkan penilaian dari validator materi, validator media dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research &Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan yang pertama define (pendefenisian) ,yang kedua design (desain), yang ketiga develop (pengembangan) dan yang keempat disseminate (penyebaran). Uji validator media dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan satu orang validator ahli materi.Uji praktikalitas dilakukan kepada peserta didik SMAN 1 Kec. Payakumbuh sebanyak 28 orang siswa kelas X untuk menguji kepraktisan produk video pembelajaran yang dirancang dengan aplikasi pengolah video Capcut. Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan validator materi diperoleh hasil validasi materi dengan rata-rata sebesar 4,2 dikategorikan “valid”, hasil validasi dari validator media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,93 dikategorikan “sangat valid” dan validator media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,93 dikategorikan “sangat valid” sehingga layak untuk digunakan. Selanjutnya, hasil uji coba praktikalitas produk yang dilakukan berada pada kategori “praktis” untuk digunakan dengan rata-rata nilai 4,38. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran telah siap dikembangkan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dikelas maupun proses pembelajaran secara mandiri pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang dapat diakses secara online melalui channel YouTube dan dapat juga diakses secara offline dengan cara diunduh terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:55
Last Modified: 26 Jul 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53060

Actions (login required)

View Item View Item