Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Pembuatan Jas sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Tailoring Mahasiswa Tata Busana Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Yunita, Dea (2024) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Pembuatan Jas sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Tailoring Mahasiswa Tata Busana Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_1_DEA_YUNITA_18075007_176_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mahasiswa dalam perkuliahan Tailoring pada materi pembuatan jas, dimana mahasiswa masih terkendala dalam proses pembuatan pola dan langkah menjahit jas dan masih kurangnya sumber referensi dalam pembelajaran. Oleh sebab itu penulis mencoba membuat pengembangan bahan ajar pembuatan jas yang berupa E-Modul yang dapat di akses menggunakan internet, sehingga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja serta memudahkan mahasiswa dalam belajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), prosedur pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap define(pendefinisian), tahap design(perancangan), tahap develop(pengembangan), dan tahap disseminate(penyebaran). Namun pada tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan peneliti. Hasil penelitian uji validitas bahan ajar oleh validator ahli media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata 85,5% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas berdasarkan respon dosen pembina mata kuliah Tailoring diperoleh nilai rata-rata 90% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil uji praktikalitas berdasarkan respon mahasiswa kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 90% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 92% dengan kategori sangat praktis. Maka bahan ajar E-Modul Pembuatan Jas ini sudah dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah tailoring untuk mahasiswa Tata Busana Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FPP-UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorNovrita, Sri ZulfiaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, PEMBUATAN JAS, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:34
Last Modified: 26 Jul 2024 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53053

Actions (login required)

View Item View Item