Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII MTsN 12 Agam.

Vionita, Vania Hilda (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII MTsN 12 Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_01_VANIA_HILDA_VIONITA _2029089_3853_2024.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu acuan keberhasilan proses pembelajaran. Semakin baik hasil belajar yang diperoleh maka proses belajar dapat dikatakan berhasil. Namun dari data hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 12 Agam masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Maka, salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan hasil belajar peserta didik selama diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning dan mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VII MTsN 12 Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan the nonequivalent posttest only control group. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas VII MTsN 12 Agam. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan kelas VII. D sebagai kelas eksperimen dan VII.A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuis dan tes hasil belajar dalam bentuk uraian. Berdasarkan data hasil kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan hasil belajar matematika peserta didik selama diterapkannya model Problem Based Learning. Berdasarkan analisis data tes hasil belajar dengan menggunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorRani, Maulani MeutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR MATEMATIKA, MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:36
Last Modified: 25 Jul 2024 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53035

Actions (login required)

View Item View Item