Efektivitas Metode Fernald untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca bagi Anak Disleksia

Sari, Intan Afrilia (2024) Efektivitas Metode Fernald untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca bagi Anak Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_INTAN_AFRILIA_SARI_20003114_3933.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Membaca ialah sesuatu keahlian yang sangat berarti dipunyai oleh seluruh siswa di sekolah sebab membaca merupakan salah satu dari 4 keahlian berarti dalam berbahasa adanya aktivitas mendengar, berdialog, menulis serta membaca. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan anak disleksia kesulitan dalam membaca kata yang terdapat konsonan rangkap. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kemampuan membaca kata yang terdapat konsonan rangkap bagi anak disleksia dapat meningkat dengan menggunakan metode fernald. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak disleksia kelas V SDN 05 Kapalo Koto Padang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes perbuatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase overlap data kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0%. Untuk persentase overlap data kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) adalah 42,86%. Maka disimpulkan metode fernald dapat meningkatkan kemampuan membaca kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Fernald Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:26
Last Modified: 24 Jul 2024 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53003

Actions (login required)

View Item View Item