Pemanfaatan Fitur Trending Topic Twitter “X” sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahsiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang.

Qalbina, Gita Syifa (2024) Pemanfaatan Fitur Trending Topic Twitter “X” sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahsiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_8_GITA_SYIFA_QALBINA_20234039_3748_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan fitur trending topic Twitter “X” bagi mahasiswa program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang dan bagaimana pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang tahun masuk 2020, 2021, 2022, dan 2023 yang berjumlah 376 mahasiswa. Sementara itu, diperoleh sampel penelitian sebanyak 80 mahasiswa. Pengambilan sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan pertimbangan khusus atau seleksi yang terencana. Data penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuesioner melalui whatsapp group dan komunitas yang ada di Twitter “X”. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan rumus hitung frekuensi relatif dan persantese. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pemanfaatan fitur trending topic Twitter “X” di kalangan mahasiswa program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang termasuk ke dalam kategori baik yang mana berada pada skala interval 3,41 – 4,20; (2) pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi melalui pemanfaatan fitur trending topic Twitter “X” tergolong pada kategori baik yang berada pada skala interval 3,41 – 4,20.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmara, RiniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TWITTER “X”, TRENDING TOPIC, KEBUTUHAN INFORMASI
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:26
Last Modified: 24 Jul 2024 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53002

Actions (login required)

View Item View Item