Kontribusi Keterampilan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman..

Fitriani, Annisa (2024) Kontribusi Keterampilan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman.. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANNISA_ FITRIANI_20016057_3778_2024.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak teks deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman. Ketiga, menjelaskan kontribusi keterampilan menyimak terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 138 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 34 siswa (25%) yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan menyimak teks deskripsi sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak teks deskripsi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak teks deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,94. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,23. Ketiga, keterampilan menyimak teks deskripsi berkontribusi sebesar 89% terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak teks deskripsi diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis teks deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENYIMAK, KETERAMPILAN MENULIS, TEKS DESKRIPSI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:13
Last Modified: 23 Jul 2024 08:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52991

Actions (login required)

View Item View Item