Analisis Perubahan Kecepatan Kendaraan Bermotor Sebelum Melewati Speed Bump di Jalan Lingkungan Kampus Utama Universitas Negeri Padang

Prananda, Yoga Alex (2024) Analisis Perubahan Kecepatan Kendaraan Bermotor Sebelum Melewati Speed Bump di Jalan Lingkungan Kampus Utama Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YOGA_ALEX_PRANANDA_19323023_636_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Speed bump atau polisi tidur merupakan alat pembatas kecepatan kendaraan berupa peninggian sebagian badan jalan. Speed bump efektif untuk menurunkan kecepatan kendaraan.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penurunan dan perubahan kecepatan kendaraan pada jarak tertentu sebelum melewati speed bump di jalan lingkungan kampus utama UNP. Penelitian ini dilakukan di beberapa titik jalan lingkungan kampus utama Universitas Negeri Padang yang terpasang speed bump, dilaksanakan pada bulan Juli 2023, survei dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari Senin, Rabu dan Sabtu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari ukuran speed bump dan kecepatan kendaraan (mobil dan motor), sedangkan data sekunder adalah data peta lokasi penempatan speed bump yang terpasang di jalan lingkungan kampus utama UNP. Data dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi non linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi speed bump yang terpasang di jalan lingkungan kampus utama UNP belum sesuai dengan standar ketentuan dari Permenhub RI No. 14 Tahun 2021, Kecepatan rata-rata kendaraan yang melewati speed bump di jalan lingkungan kampus utama UNP mengalami penurunan kecepatan. Hasil pengujian statistik menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi speed bump dengan kecepatan kendaraan sebelum melewati speed bump yang terpasang di jalan lingkungan kampus utama UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorAsyar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorPrima, Fani KeprilaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:57
Last Modified: 23 Jul 2024 05:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52985

Actions (login required)

View Item View Item